Sebagian besar orang tua dulu selalu mempercayai mitos seputar kehamilan terutama mitos mengenai rambut, inilah mitos seputar rambut yang terbukti tidak benar. Ada beberapa mitos tentang rambut, wanita hamil selalu dikaitkan dengan mitos tersebut, akan tetapi mitos itu tidak selalu dapat dibenarkan. Karena itu merupakan kepercayaan orang pada zaman dulu.

Berikut inilah mitos seputar rambut yang terbukti tidak benar, diantaranya adalah :

  • Wanita hamil tidak di bolehkan mewarnai rambut – banyak orang yang mengatakan bahwa mewarnai rambut pada saat hamil tidak dibolehkan karena zat yang terkandung pada pewarna rambut tersebut dapat membahayakan kesehatan. Namun anggapan itu tidak dibenarkan, sebab menurut beberapa dokter mengatakan bahwa zat yang terkandung pada pewarna rambut tidak berbahaya dan aman untuk digunakan oleh wanita hamil. Jika anda ingin mewarnai rambut, sebaiknya menunggu setelah trimester pertama pada masa awal kehamilan.
  • Rambut yang dipotong akan tumbuh lebih cepat – pertumbuhan rambut tidak dapat dipastikan dengan memotong rambut, pertumbuhan rambut ini tergantung pada kesehatan kulit kepala anda. Jadi pertumbuhan rambut ini bukan karena terjadi karena memotong rambut. Inilah mitos seputar rambut yang terbukti tidak benar yang selalu di bicarakan oleh orang tua kita maupun nenek kita dulu.
  • Bila uban dicabut maka akan tumbuh lebih banyak – faktanya mencabut uban ini akan menimbulkan kebotakan, setiap folikel rambut yang dicabut akan tumbuh rambut yang baru akan tetapi tidak selalu tumbuh dengan warna yang sama. Jadi sebaiknya anda hindari untuk mencabut uban, karena dampaknya akan terjadi kebotakan.
  • Mencuci rambut dengan bir dapat menguatkan rambut – inilah mitos seputar rambut yang terbukti tidak benar, banyak orang beranggapan bahwa ragi dan protein dalam bir ini dapat menguatkan rambut bila di bilas dengan menggunakan bir. Akan tetapi alkohol juga bisa membuat rambut anda kering dan akan menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala anda.
  • Membersihkan rambut dengan air dingin agar kutikula rambut yang terbuka dapat menutup – kutikula rambut yang terbuka atau tertutup tidak dipengaruhi oleh suhu air. Justru air menyebabkan rambut anda tidak bernyawa dan hindari untuk menggunakn pengering rambut karena bisa membuat rambut anda rusak lebih parah. Memotong rambut mungkin bisa menjadi alternatif lain.

Inilah mitos seputar rambut yang terbukti tidak benar. Semoga artikel kesehatan yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *